Tentang Sejarah Podcast

Tentang Sejarah Podcast

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Sejarah Podcast.  Departemen Riset Statista melakukan studi pada tahun 2018 tentang tinjauan pasar dan kebiasaan konsumen industri podcast. Mereka mengidentifikasi bahwa jumlah pendengar podcast di AS diperkirakan mencapai 73 juta. Pada tahun 2022, mereka memperkirakan jumlahnya akan meningkat menjadi 132 juta.

Studi ini mendukung jumlahnya dengan tren yang meningkat dalam mendengarkan podcast dengan 44 persen populasi mengaku pernah mendengarkan podcast.

Dengan lebih banyak pengguna yang terjun ke kereta podcast, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana semuanya dimulai? Bagaimana sejarah podcast, dan faktor apa yang telah membentuk industri ini seperti sekarang ini?

Tentang Sejarah Podcast

Sejarah Podcast

Anda dapat melacak kelahiran podcast kembali ke Dave Winer dan Adam Curry, bapak baptis industri podcasting. Dave Winer saat itu adalah seorang pengembang perangkat lunak dan penginjil RSS.

Podcasting membuahkan hasil pada tahun 2000 sebagai hasil pertemuan antara Dave dan Adam di mana mereka membahas distribusi media otomatis. Fokus dan arah percakapan mereka terutama pada video daripada audio.

Selama periode ini, dunia belum terbiasa dengan koneksi internet broadband. Oleh karena itu, Dave merasa tidak nyaman dengan kemampuan internet untuk mengunduh video dalam jumlah besar. Dia juga tidak yakin apakah implikasi biaya untuk mengangkut konten itu sepadan.

Ia menyimpulkan bahwa waktu mengunduh konten lebih lama daripada waktu menonton. Saat Anda mengunduh video, kualitasnya buruk, atau Anda tidak yakin harus mendapatkan apa.

Oleh karena itu, dia menentang gagasan untuk membuat platform pengunduhan video yang berbasis langganan.

Adam, di sisi lain, fokus pada koneksi internet. Perhatian utamanya adalah bandwidth yang terbuang sia-sia setiap kali Anda tidak menggunakan internet.

Dia ingin mendapatkan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh hanya item dari daftar langganan Anda. Meskipun itu bukan ide baru, tidak ada perangkat lunak yang dapat bekerja seperti yang mereka inginkan.

Saat itu, Dave sudah membuat Real Simple Syndication Feed (RSS). Platform ini dimaksudkan untuk membantu dalam pembuatan dan berbagi cerita melalui internet.

File teks RSS dapat berisi konten statis dan dinamis. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer konten dari satu situs ke situs lainnya.

Dave perlu menemukan media yang dapat dia gunakan untuk mengirimkan konten melalui sistem berlangganan. Pertemuan yang berlangsung pada tahun 2000 menjadi landasan bagi pengembangan visinya.

Tentang Sejarah Podcast

Mendapatkan Perhatian Media


Pada awalnya, semuanya dimulai dengan lambat. Hingga musim panas 2004, Adam memutuskan untuk memprogram dan mengembangkan aplikasi podcatcher pertama menggunakan skrip Apple. Rekannya, Dave, meragukan fungsionalitas perangkat lunak tersebut.

Namun, Adam mengesampingkan kekhawatiran karena aplikasinya berhasil mengambil dan mengunduh audio dari weblog Dave. Program ini dapat membaca RSS dan mengunduh audio.

Program podcatcher memiliki cara kerja yang spesifik. Itu bisa menyaring file di RSS feed dan mencari lampiran. Kemudian, itu bisa mengambil dan mendownload semua file di dalam enklosur.

Akhirnya, itu akan menggunakan API iTunes untuk menambahkan file ke daftar putar. Maka akan menjadi lebih nyaman untuk menyelaraskan audio ke iPod.

Dave Winer mulai bekerja dengan Christopher Lyder, salah satu Jurnalis terkemuka saat itu, dengan menggunakan RSS feed-nya di blog Lyder.

Lyder mengambil rekaman wawancara selama pemilihan presiden 2004 dan mulai memposting audionya secara online. Dia kemudian menjadi advokat yang kuat untuk pengembangan berkelanjutan perangkat lunak yang mendukung penggunaan audio online.

Pada tahun yang sama, Oktober 2004, nama “podcasting” mulai menarik perhatian. Seorang jurnalis bernama Ben Hammersley menggunakan nama tersebut saat mendeskripsikan siaran radio internet baru di The GuardianAdvertisement Through Podcasting
Anda dapat dengan mudah menelusuri akar periklanan hingga ribuan tahun yang lalu. Media yang berbeda membawa metode dan strategi mereka untuk terlibat dengan klien potensial.

Media periklanan tradisional menjadi kurang efektif. Pemasar mulai merangkul tren baru, terutama di ruang digital. Salah satu metode tersebut adalah penggunaan podcast.

Menurut IAB, pendapatan iklan podcast pada tahun 2017 adalah $314 juta.

Telah terjadi peningkatan yang cukup besar dalam penggunaan podcast untuk melakukan periklanan. Meskipun industri podcasting telah ada selama lebih dari sepuluh tahun, belum lama ini pengiklan mulai memberikan anggaran yang jauh lebih besar untuk podcast.

BACA JUGA : 5 ALASAN PODCASTING ADALAH STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

Apakah Podcast benar efektif?

Karena podcast terdiri dari audio, pendengar cenderung mempercayai dan mengandalkan setiap kata dalam podcast. Oleh karena itu, pengiklan yang ingin memperkenalkan mereknya dapat menggunakan podcast untuk menjangkau lebih banyak orang.

Juga, karena orang mendengarkan podcast karena rasa hormat mereka terhadap tuan rumah, Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda dengan mendapatkan host.

Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda dengan membuat tuan rumah mendukung produk Anda. https://www.spadegamingslot.best/ juga melakukan periklanan dengan media Podcast ini serta menjadi salah satu sponspor untuk para podcaster.

Saat tuan rumah mendukung suatu produk, mereka tidak merekomendasikan dua produk serupa. Dengan melakukan itu, mereka melemahkan keefektifan dan keaslian pengesahan.